PROSES KAWIN & MELAHIRKAN KELINCI

PROSES KAWIN & MELAHIRKAN KELINCI

10392546_1545322659013743_1287504768216231166_nKawin sekali bisa melahirkan ND antara 2-4 ekor anak, Tergantung produktivitas indukan dan kehendak Yang Maha Kuasa.

+ tanda Kelinci Siap Kawin:
1. Usia : usia aman mengawinkan kelinci adalah umur > 6 bulan untuk betina, dan umur > 7 bulan untuk jantan. Jika dikawinkan di bawah umur ada resiko anakan yg pertumbuhannya terganggu, ukuran anakan pas dewasa lebih kecil, dsb.
2. warna kelamin jadi merah
3. Sering ngesot dan pantatnya nempel di pagar kandang
4. menggesek-gesek dagu
5. memegang bagian pantat kelinci, Jika saat dipegang langsung nungging itulah tanda kepingin kawin.

+ Masa hamil kelinci antara 29-33 hari. Ada jg yg menjelaskan antara 30-40 hari.
Tanda-tanda kelinci HamiL :
1. Berbunyi “ngruuk..ngruukk…” kalau didekati
2. menolak untuk didekati oleh kelinci pejantan
3. Terlihat lebih Agresive
4. nafsu makan/minum yang bertambah
5. setelah 17 hari masa kehamilan tampak perut membesar
6. setelah 3 minggu masa kehamilah terlihat bulu rontok dan kelinci suka mengorek-ngorek
7. kurang 3 hari sebelum melahirkan, nafsu makan kelinci menurun.

Tanda-tanda kehamilan yang disebutkan tersebut adalah tanda-tanda berlaku umum dan tentu saja tingkat ke-akurasiannya tidak dapat dijadikan sebagai acuan baku. Karena bisa saja Kelinci-kelinci tersebut memiliki tanda-tanda itu, tapi toh ternyata tidak hamil.atau dikenal sebagai Hamil Palsu.

+ Pasca Melahirkan

Pasca kelahiran Kelinci lahir hanya mengandalkan makan dari air susu induknya (ASI). Biasanya induk menyusui pada jam-jam tertentu pada subuh atau malam hari.
Anak kelinci wajib mendapat pasokan ASI hingga usia 35 hari. Di bawah itu anak tidak sehat dan gampang mati.
Pemisahan anak dari induk minimal 35 hari. Dimulai sapih pada usia 32 hari dengan cara memisahkan pada siang hari dan mengembalikan pada sore hari. Jika belum hendak dijual atau alasan lain, anak kelinci bisa terus menyatu dengan induknya hingga umur 45 hari.

Anak kelinci akan belajar makan rumput pada umur 14 hari dan mulai banyak makan diusia 26 hari. Wortel atau ubi kayu sangat bagus diberikan pada umur 14 hari supaya gigi-gigi kelinci mulai tertata baik. Perlu diketahui, kelinci memiliki pertumbuhan gigi yang terus menerus sehingga butuh menggerat untuk mencegah pertumbuhan. Berikan bata merah di kandang, terutama kandang pejantan yang gemar menggerat.

+ CEK Kehamilan kelinci dng Teknik Palpasi atau perabaan

1. Tempatkan kelinci pada bidang datar dengan ketinggian yang nyaman untuk anda, bisa digunakan meja makan atau meja yang lain. Satu tangan memegang dibagian kepala kelinci sambil menekannya secara lembut agar sikelinci terlihat membungkuk. Kemudian dorong telapak tangan anda kebagian bawah perut kelinci dengan posisi telapak menghadap kebawah.

2. Setelah telapak tangan anda berada dibawah perut sikelinci, kemudianbalik telapak tangan menghadap keatas hanya dengan mengangkat pergelangan tangan, posisi jari dan ibu jari tetap berada disisi sebelumnya. Seperti memakai pelana terbalik
Dan gerakan ini seakan-akan seperti memakaikan saddle/pelana pada perut si Kelinci.

3. Lakukan tekanan sambil meraba dengan seluruh jari pada perut si Kelinci . Beberapa orang mungkin bingung untuk membedakan antara kotoran dengan embrio, tapi hal ini bisa dihindari bahwa kotoran memiliki tekstur yang keras, akan terasa pada bagian perut yang mendekati tulang belakang sedangkan emrio adalah bertekstur gel (kenyal) dan biasanya bisa ditemukan pada bagian tengah perut.

Melakukan teknik palpasi pada masa kehamilan yang telah melewati 2 minggu adalah lebih mudah menemukan embrio dibandingkan yang 10 hari karena pada janin yang berusia 2 minggu biasanya embrio sudah mulai turun kebawah.
Jika pada usia 2 minggu ini belum juga ditemukan adanya kehamilan, maka si Kelinci bisa dikawinkan kembali.
Mudah-mudahan bisa membantu.

Ilman Setiawan Motivator Kehidupan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s